Beranda > Internet, Komputer > Browser: Opera, Chrome, Firefox?

Browser: Opera, Chrome, Firefox?


Kali ini eR-Ka ingin melakukan mini review atas 3 browser yang cukup populer, khususnya bagi pengguna Operating Sistem Windows (Mac OS lebih terkenal dengan Safari-nya🙂 ). Selain browser bawaan Windows, yaitu yang terkini adalah IE-8, ada juga browser-browser lainnya. Browser yang cukup favorit adalah Firefox, Opera, dan terakhir yang paling bungsu adalah keluaran dari Google yaitu Chrome.

I. Firefox

About Mozilla Firefox

About Mozilla Firefox

Firefox adalah keluaran dari Mozilla Foundation. Firefox yang eR-Ka gunakan adalah versi 3.6.11. Adapun versi termutakhir sampai 30 Oktober 2010 pukul 19:30 WIB adalah versi 3.6.12. Biasanya, Firefox otomatis download updates dan melakukan update sendiri. Namun karena eR-Ka saat ini menggunakan Chrome untuk kegiatan sehari-hari, update FF3 (Firefox 3) sedikit ‘terbengkalai’😉

Tampilan Firefox3

Tampilan Firefox3

Tampilan Firefox3 cukup sederhana selayaknya sebuah browser memang tidak usah memiliki tampilan yang macam-macam. eR-Ka pernah juga mencoba varian Firefox, yaitu Flock, browser yang didedikasikan untuk para pengguna social networking. Namun, yang eR-Ka rasakan, Flock kurang simple karena memang penggunaanya mengandalkan widget social networking macam Facebook, twitter, dll. Sebetulnya Firefox3 pun mampu melakukan itu semua.

Subjektif menurut eR-Ka, FF3 ini lebih ringan dibandingkan IE8. Karena itulah FF3 masih ‘laku’ meski OS Windows sudah bundling dengan IE-8😀

FF3 Addons

FF3 Addons

Satu hal yang cukup menarik dari FF3 ini adalah kelengkapan addons yang disediakan. Mulai themes, extensions, dan plugins. Semua bisa diatur sesuai kebiasaan dan kebutuhan browsing kita.

Selain itu, kemudahan pengaturan ‘bookmarks-bar’ menjadi salah satu alasan eR-Ka suka dengan browser satu ini. Sayang sekali, saat eR-Ka menjadikan FF3 sebagai browser utama, agak terganggu dengan terlalu seringnya FF3 restart bahkan sampai versi 3.6.11 ini. Dengan sangat terpaksa eR-Ka pun berganti ke browser Opera.

II. Opera
Opera mulai eR-Ka lirik mengingat FF3 lama-lama mulai terasa lambat, tidak lincah, serta sering menghambat dengan terlalu seringnya crash di saat-saat yang menurut eR-Ka sedang cukup penting. Intinya, eR-Ka mulai merasa tidak nyaman menggunakan browser FF3.

Sebenarnya, dari dulu eR-Ka sudah mengenal browser satu ini. Apalagi, untuk urusan mobile browser, menurut eR-Ka, sampai saat ini Opera Mini  menjadi salah satu browser yang sangat diandalkan. Namun, dulu saat eR-Ka menggunakannya, opera terkesan lambat dan memakan resource yang sangat besar sehingga membuat lambat di loading dan tampilan.

Opera 10.6.3

Opera 10.6.3

Namun, eR-Ka sangat terkesan dan cukup kaget saat mencoba kembali Opera 10 (versi terakhir yang eR-Ka coba: 10.6.3). Opera 10 ternyata begitu enteng, stabil, gesit, dan lincah. Oya, fleksibilitas tampilannya juga sangat menggoda!

Tampilan bisa dibuat sangat simple (hanya menampilkan address bar saja), atau juga cukup meriah (dengan widget bar, dll.). Wow, good job, Opera!

 

 

Opera Menu

Opera Menu

 

Tampilan Opera 10.6.3

Rasanya cukup nikmat juga menjadi Opera sebagai pengganti FF3. Meski merasa cukup kehilangan dengan DTA-nya FF3, namun eR-Ka masih bisa menerimanya karena eR-Ka bukan tipe downloader aktif😀

Satu hal yang membuat eR-Ka mencoba pindah ke Google Chrome: Opera di Windows7 entah kenapa seringkali memakan resource yang sangat besar sehingga membuat komputer seringkali melambat. Setelah Opera ditutup, barulah PC bekerja normal lagi. Kalau di XP, tidak ada masalah dengan Opera.

III. (Google) Chrome
Kali ini pelabuhan terakhir eR-Ka ada di Chrome. eR-Ka juga sempat kecewa saat awal Chrome keluar sebagai beta-nya. Sering crash, tidak stabil, extension yang sedikit, dll. membuat eR-Ka mudah melupakan Chrome.

Chrome 7.0.517.41

Chrome 7.0.517.41

Inilah versi Chrome terbaru yang eR-Ka gunakan: 7.0.517.41 (30 Oktober 2010). eR-Ka betul-betul sangat terkesan dengan singsetnya browser satu ini.

Menawarkan simplisitas, Chrome buat eR-Ka menjadi browser favorit no. 1, setelah itu FF3, baru Opera 10. Bagaimana tidak, extension yang memikat dan simple. Tidak seperti extension di FF3, extensi di Chrome berjalan sangat halus dan terintegrasi tapi juga tidak mengganggu pemakai. Contoh, extension “Chromed Bird” yang eR-Ka gunakan.

Chromed Bird

Chromed Bird

Cukup klik icon “Chromed Bird”, Anda lansung bisa melihat twitter terbaru untuk akun Anda, begitu pula halnya dengan “compose new tweet”, reply, retweet, DM, dan searching, bisa dilakukan tanpa harus buka tab browser baru!  Begitu pula dengan extensi lainnya semisal facebook, kaskus, kapanlagi, detik, kompas, cineplex 21, dll. Amazing!

Bagaimanapun: tiada software yang sempurna 100%😀

Karena itu, eR-Ka coba buka kekurangan Chrome ini: memakan resource yang sangat besar. Coba perhatikan perbandingan Chrome dengan 2 browser lainnya. Meski begitu, eR-Ka tetap betah dengan Chrome, asalkan tidak membuat PC lemot atau sering crash, eR-Ka tetap akan pakai Chrome ini!🙂

 

Browsers Resources

Browsers Resources

  1. Ajat
    November 2, 2010 pukul 2:09 am

    Iya nih, firefox kok sering bgt cres ya? Kirain komputer saya yg mslah.

    klo chrome blm coba, msh ttp friefox tunggu updat sj😦

  2. November 5, 2010 pukul 11:56 pm

    Betul Pak Ajat, tapi tampaknya di update FF3 terbaru 3.6.12 ‘fitur’ crash sudah berkurang. Sudah 1 minggu ini saya pakai berbarengan dengan Chrome, belum muncul crash dari keduanya🙂

  3. Januari 15, 2011 pukul 6:24 pm

    ulasan nya sip bos,,menurut sim kuring mah tetep Firefox nu yahudd…chrome malah terasa lambat (kayak siput) hehheee…Yang sempurna menurut saya Firefox 3.5.5, jarang crash di warnet simbrados mah…disetting off updatenya, keep blogging kang..!!!:)

    • Januari 16, 2011 pukul 1:29 pm

      Hatur nuhun Kang Tata🙂

      Wah, malah lebih sempurna 3.5.5 ya? Tapi dalam dunia software, mustinya update apalagi mayor update, ada perbaikan yang cukup penting. Kemarin baru saja restart firefox setelah update otomatis ke 3.6.3, tapi berhubung bukan sebagai browser utama lagi, jadinya belum diamati lebih jauh🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: