Beranda > Kepolisian, Layanan Publik, Otomotif, Sepeda Motor > #SIMKeliling Bandung bermetamorfosis menjadi SIM Corner

#SIMKeliling Bandung bermetamorfosis menjadi SIM Corner


Saat itu, Senin, 11 Februari 2013, sejak jam 07.00 WIB pagi hari, saya sudah bersiap-siap berburu tempat mangkal #SIMKeliling di Bandung kota. Saya teringat pengalaman beberapa bulan sebelumnya saat mengurus perpanjangan SIM A. Saya telepon Polwilabes, infonya tidak akurat. Saat itu saya menelepon jam 10 pagi, dijawab lokasi dimana, kenyataan dimana. Meski begitu, akhirnya dapat info juga dari internet, lokasi #SIMKeliling hari itu ada di sebuah mini market Jl. Laswi. Kebetulan sedang di jalan, jam 14 meluncur ke lokasi dan terlihat mobil #SIMKeliling sedang beres-beres karena katanya sudah beres. Saya dapat info dari petugas tersebut, besok adanya di Pasar Modern Batununggal.

Besoknya, sesuai informasi dari petugas yang di mobil #SIMKeliling, saya pun sampai di Pasar Modern Batununggal jam 10 pagi. Sampai sana, diberitahu oleh petugas parkir kalau #SIMKeliling bukan di sana, tapi di tempat lain. Dia kasih klu, beli saja koran Tribun, begitu pesannya.
Besoknya akhirnya lihat-lihat twitter karena sudah agak siang (jam 10-an), dapat info #SIMKeliling hari itu ada di sebuah factory outlet di Jl. Banten. Dekat dengan rumah saya. Jam 11-an sampai lokasi tidak terlalu ramai, tapi bingung petugasnya tidak ada. Tanya ke yang sedang duduk-duduk (yang rupanya sedang menunggu giliran di foto), dia menyatakan #SIMKeliling sudah ditutup. Saya pun dapat info dari orang tersebut, kalau mau datang harus pagi-pagi, dibuka jam 9 katanya.

Besoknya mulailah berburu lagi informasi. Kali ini bela-belain pagi-pagi beli koran Tribun Jabar. Jam 8 saya sudah dapat kepastian info lokasi #SIMKeliling hari itu: Carrefour di seputaran Kiara Condong! Langsung meluncur ke lokasi, dan sampai di tujuan kira-kira sudah jam 8.45-an. Parkir di dekat mobil #SIMKeliling dan terlihatlah betapa banyaknya pengantri. Salut juga, jadwal buka jam 9 tapi belum waktunya, petugas sudah siap, pengantri pun sudah bejubel pula.

Dimulailah prosesi penerimaan pendaftaran setelah sebeulmnya Pak Petugas memberikan arahannya soal pengisian formulir. Awal mendaftar, saya diharuskan memberikan fotokopi KTP dan SIM lama, yang saat itu saya terlupa tidak membawa fotokopi KTPnya. Untunglah di mobil saya terselip fotokopi KTP untuk keperluan lain. Saya melihat, pengantri lainnya sibuk menggunakan jasa fotokopi seberang jalan Rp5.000.

Dari awal datang sampai selesai, saya total menghabiskan waktu sebanyak kurang lebih 5 jam. Menyita waktu.

Kali ini, berbekal pengalaman tahun lalu, saya menyiapkan mental yang sama. Pagi-pagi jam 7 mencari loper koran, ternyata belum buka. Browsing sana-sini, telepon sana-sini, kesimpulannya info #SIMKeliling belum diketahui. Jam 7.45 WIB, saya pun berhasil membeli Tribun Jabar di perjalanan.

Menepi dulu di pinggir jalan untuk membaca Tribun Jabar. Agak bingung karena informasi #SIMKeliling yang saya cari tidak ada.

Sampai setelah bolak-balik halaman Tribun Jabar, mata terpaku ke halaman 9 yang berisi info “METRO GUIDE”, ada tulisan “Pelayanan SIM Polrestabes Bandung”. Agak bingung juga, apakah info ini uptodate atau nggak. Bukan apa-apa, tidak ada info lokasi #SIMKeliling soalnya.

DSC_0538

 

Akhirnya saya coba telepon SIM Corner Polrestabes Bandung dan hasilnya nihil alias tidak diangkat-angkat! Sudah agak hopeless, tiba-tiba teringat pernah simpan nomor Polwiltabes Bandung untuk info layanan SIM Keliling: 0224203505. Dan bersyukur sekali, dua kali nada sambung, telepon langsung diangkat. Dan dijelaskan bahwa saat ini layanan mobil #SIMKeliling sudah digantikan oleh outlet SIM, ada di 3 lokasi, persis seperti info di Tribun Jabar!

Jam menunjukan waktu 8.05 WIB. Langsung meluncur menuju Pasar Modern Batununggul dan sampai 50 menit kemudian alias tepat jm 8.55 WIB!

Sampai lokasi, ada 4 pengendara motor sudah menunggu di depan SIM Corner yang masih tutup. Saya pun parkir mobil di samping 2 mobil yang ada. Lokasinya sangat nyaman karena tidak seramai saat tahun lalu perpanjang SIM A.

Jam 9.00 WIB dibukalah ruko SIM Corner. Langsung masuk antrian. Saya pengantri terakhir alias pengantri ke 6 (4 pengantri dari pengendara motor, 1 pengantri dari mobil yang sudah lebih dulu parkir). Daftar dulu dengan menyerahkan fotokopi KTP dan SIM C lama yang asli. Diminta untuk tes kesehatan (hanya tes buta warna), persis di depan loket pendaftaran. Selesai tes kesehatan, ambil formulir di loket pendaftaran sekaligus bayar. Uniknya, di papan biru tertera biaya perpanjangan SIM C adalah 75.000, tapi petugas meminta saya Rp145.000 dan saat saya berikan 200.000 (100rb-an dua), kembalian hanya Rp50.000. Saya sengaja biarkan saja untuk mengetes apakah nanti kekurangannya diusahakan untuk dikembalikan atau tidak🙂

Selepas mengisi formulir, sudah ditunggu oleh petugas foto. Menunggu giliran, ternyata saya berubah menjadi pengantri ke-3 setelah seorang ibu pengendara mobil. Rupanya pengantri sebelumnya masih sibuk berkutat mengisi formulir😀

Difoto di ruang kecil yang tidak ada pintunya. Dari tata ruang, sangat ‘nggak banget’. Mungkin tidak ada desain interior khusus yang mumpuni yang dilibatkan untuk menata ruangan yang ada😀

Tapi overall,  kali ini luar biasa jauh banget peningkatan kinerjanya. Total waktu yang saya habiskan untuk membuat perpanjangan SIM C kali ini hanya 14 menit! Ya, betul! 14 menit!
Ini karena saya sudah siapkan: fotokopi KTP dan pulpen sendiri😀
Untuk fotokopi KTP sebetulnya sudah tidak repot lagi karena sudah disediakan printer bermerk HP (Hewlett Packard) di belakang dan bisa dipakai secara gratis, tentunya khusus untuk fotokopi KTP.
Pulpen sudah disediakan tapi hanya tersedia 2, jadi siap-siap antri pulpen kalau tidak bawa sendiri😀

Inilah printer multifungsi yang disediakan untuk fotokopi gratis! Kertas yang tersedia sudah dipotong dan dipaskan sehingga pas sesuai ukuran KTP! Great job Pak Polisi!
DSC_0533

Suasana antrian sesaat setelah saya selesai difoto dan tinggal menunggu selesai cetak SIM (tidak sampai 2 menit!).

DSC_0535

 

 

Inilah SIM Corner Polrestabes Bandung yang berlokasi di Pasar Modern Batununggal Bandung.

DSC_0536

 

 

 

Lokasi Pelayanan SIM Polrestabes Bandung:
Satpas Satlantas Polrestabes Bandung
Waktu: Senin – Sabtu, pukul 08.00 – 12.00 WIB
Tempat: Jl. Jawa No. 1 Bandung

SIM Corner Polrestabes Bandung
Waktu: Senin sampai Minggu, pukul 09.00 – 17.00 WIB
Tempat: Pasar Modern Batununggal Blok RG-03, komplek Batununggal Jl. Soekarno Hatta
Telepon: 022-87526765

SIM Outlet Polrestabes Bandung
Waktu: Senin sampai Minggu, pukul 10.00 – 20.00 WIB
Tempat: Bandung Trade Center (Basement) Jl. Dr. Djunjunan Pasteur

  1. Agustus 12, 2013 pukul 8:27 am

    Its like you read my mind! You seem to know a lot about this,
    like you wrote the book in it or something. I think that you could do with
    a few pics to drive the message home a little bit,
    but instead of that, this is fantastic blog. An excellent read.
    I will definitely be back.

  2. Oktober 5, 2013 pukul 11:50 pm

    Fantastic blog! Do you have any hints for aspiring writers?

    I’m planning to start my own site soon but I’m a little
    lost on everything. Would you suggest starting with a free platform like WordPress or go for a paid option?
    There are so many choices out there that I’m totally confused ..
    Any ideas? Thanks a lot!

  3. November 6, 2013 pukul 4:29 pm

    My partner and I stumbled over here by a different web address and thought I
    should check things out. I like what I see so
    i am just following you. Look forward to looking over your web page
    again.

  4. Januari 22, 2014 pukul 8:50 am

    Excellent weblog here! Additionally your web site so much up fast!

    What host are you the use of? Can I am getting your affiliate hyperlink in your host?

    I wish my website loaded up as quickly as yours lol

  5. Januari 28, 2014 pukul 2:05 pm

    Hey would you mind letting me know which hosting company you’re working with?

    I’ve loaded your blog in 3 different browsers and I
    must say this blog loads a lot faster then most. Can you recommend
    a good web hosting provider at a reasonable price? Thanks a lot, I appreciate it!

  6. Februari 5, 2014 pukul 4:33 am

    When I originally commented I seem to have clicked on the -Notify me when new comments are added-
    checkbox and now each time a comment is added I recieve
    4 emails with the same comment. There has to be an easy method you
    are able to remove me from that service? Kudos!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: